Hopes of the Cendrawasih Children


Hopes of the Cendrawasih Children

DURATION: 07:00
PLACE: Keerom, Jayapura
DIRECTOR: FX Making

Primary school children in Arso on the Indonesia-Papua New Guinea border are keen to study – but teachers rarely come to the local school. The one teacher who does come is only on a short-term contract and gets paid once every six months. When school is out, the kids end up doing labour on the local palm plantation to earn money and kill time.

Download Study Guide for Hopes of the Cendrawasih Children (pdf)

Harapan Anak Cendrawasih

DURASI: 07:00
TEMPAT: Keerom, Jayapura
DIREKTUR: FX Making

Pendidikan dianggap sebagai rantai pemutus lingkaran kemiskinan dan keterbelakangan. Tetapi di sudut Papua, tepatnya di Arso—perbatasan Indonesia dan Papua New Guinea—idealisme ini terasa jauh panggang dari api. Setitik asa yang digantungkan anak-anak Cendrawasih ini berhadapan dengan sistem yang karut marut. Guru jarang datang, anak-anak terbengkalai. Kadang guru datang siang, tetapi lantas menyuruh murid pulang. Untuk mengisi waktu, anak-anak bekerja di perusahaan kelapa sawit untuk mendapatkan upah. Namun, para murid tetap memiliki cita-cita tinggi yang menanti untuk diwujudkan.

Download Panduan Harapan Anak Cendrawasih (pdf)

one comment
  1. Jangan sia-siakan asa anak-anak di Bumi Cendrawasih yang memiliki ketulusan hati, kecerdasan dan semangat dengan ketidakberadaan fasilitas baik fisik(bangunan, buku-buku/perpustakaan) dan juga tenaga pengajar yang kompeten. Sebelum terlambat, karena mereka memiliki cita-cita untuk merubah kehidupan di Bumi Papua menjadi lebih baik dan maju. Bagaimana caranya meningkatkan SDM guru di daerah terpencil seperti di Arso bukan sebagai wacana saja, bagaimana perhatian pemerintah pusat/kemdikbud dalam pengawasan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan assesstment yang bisa diterapkan? Apakah harus lewat LSM dan institusi keagamaan/Gereja?

    ALL THE BEST FOR Cendrawasih Children FUTURE!

Leave Your Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

*