Ironic Survival


Ironic Survival

DURATION: 05:46
PLACE: Merauke
DIRECTOR: Urbanus Kiaf, Wenda Tokomonowir, Leo Moyuwend

Alex Mahuze is a Malind tribesman and a sago farmer in Merauke. His clan has lived in harmony with nature for generations. The arrival of the Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE) program has forced him to earn money through other means, which ironically harms the environment. He lost his lands and his culture is threatened, but Alex fights on.

Download Study Guide for Ironic Survival (pdf)

Ironic Survival

DURASI: 05:46
TEMPAT: Merauke
DIREKTUR: Urbanus Kiaf, Wenda Tokomonowir, Leo Moyuwend

Mahuze, dalam bahasa Papua berarti sagu. Nama ini adalah salah satu marga dalam suku Malind, yang sepanjang generasi menjadi penjaga sagu sebagai makanan utama masyarakat Papua. Tetapi kini, makanan utama itu kian tergerus oleh zaman. Bukan karena masuknya pengaruh modernisasi, tetapi berkat terjarahnya lahan sagu yang mereka warisi dari nenek moyang sejak kehadiran Merauke Integrated Food and Energy Estate (MIFEE). Program yang sejatinya dibuat untuk meningkatkan ketahanan pangan itu justru merusak pangan lokal. Lahan sagu tergerus, kehidupan Alex Mahuze dan keluarganya terombang- ambing. Ia mencoba bertahan hidup, yang ironisnya justru menghancurkan alam, tempat nenek moyang mereka bernaung dan bergantung selama ribuan tahun. Alex kehilangan tanah dan budaya warisan leluhurnya, namun ia terus berjuang.

Download Panduan Belajar Ironic Survival (pdf)

3 comments
  1. Terima kasih kawan2 film ini cukup menyentuh…. tapi ada yang perlu di klarifikasi, bahwa pembangunan di daerah pada saat ini tidak lagi di kontrol secara langsung oleh pemerintah pusat….. dan ini adalah kemauan pemerintah daerah (yang notabenenya adalah putra asli Merauke) barangkali ini masih di zaman Rezim Gabze. Dalam pandangan saya dia cukup tegas dan otoriter, orang yang tidak satu jalan pemikiran dengan dia akan berpikir 2 kali untuk melakukan perlawan dan ada juga yang saya mau tanya itu suku benar Malind???? karena penduduk asli Merauke berasal dari Suku Marind. Terima kasih.

    • ya, benar itu suku asli Malind, di kota Merauke tidak terlihat lagi suku asli Malind melainkan orang pendatang yang memenuhi kota Merauke. yang menikmati pembangunan orang dari luar dan pembangungan tidak memberikan perubahan serta kesejahteraan melainkan kepunahan yang akan terjadi pada suku Malind..

Comments are closed.