Beda Cara, Sama Rasa adalah sebuah film dokumenter karya Elisabet Apyaka Dua Film yang masuk Nominasi  Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF ) di Jogyakarta.

Film dokumenter yang disutradarainya tersebut berkisah mengenai tradisi bakar batu  dari suku Morop dari Kabupaten Pegunungan Bintang. Mereka  telah  puluhan tahun bermukim di Kota Jayapura namun masih melestarikan ritual dan adat istiadatnya hingga saat ini.

Elisabeth memproduksi film dokumenter , dirinya merasa tidak terlalu rumit karena dirinya mendokumentasikan kegiatan masyarakat setempat  yang juga telah dikenal baik.

“Saya berharap bahwa film ini bisa menjadi referensi saudara-saudara kita tentang Bakar Batu dari Suku Morop, Pegunungan Bintang. Apalagi pada ajang JAFF saya bisa berbagi pengalaman dengan sutrada muda perempuan lainnya yang juga hadir di JAFF. Dan tentu saja saya juga bangga bisa bertemu sutradara senior Garin Nugroho”, ujar Elisabet Apyaka.

Dilansir dari Wikipedia , Jogja-NETPAC Asian Film Festival (selanjutnya disingkat JAFF) adalah festival film di Indonesia yang digelar setiap tahun sejak 2006 di Yogyakarta. Festival ini menghadirkan sinema dari negara-negara di Asia, khususnya Indonesia. Selama penyelenggaraannya, JAFF bekerja sama dengan NETPAC (Jaringan untuk Promosi Sinema Asia), organisasi yang berpusat di Sri Lanka yang menghubungkan para kritikus, pembuat film, kurator, penyelenggara festival, exhibitor, dan pemerhati film dari 30 negara di Asia. https://jaff-filmfest.org/id/different-technique-same-taste/     (admin)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.