Partisipan pelatihan produksi film Mei 2018.

Pelatihan produksi film dokumenter untuk menggali dan meningkatkan kualitas perfileman di Papua kembali digelar oleh Papuan Voices (PV) Jayapura,  yang kali ini diikuti oleh 15 peserta di kota Jayapura. Pelatihan yang digelar sejak Senin, Senin 28 Mei hingga 30 Mei mendatang diikuti oleh mahasiswa dan aktivis LSM. Pelatihan ini mengawali rangkaian kegiatan jelang Festival Film Papua II 7-9 Agustus 2018 mendatang di Jayapura.

Menurut PV, pelatihan yang berlangsung di kantor LSM lingkungan hidup dan masyarakat adat, JERAT Papua, bertujuan menjaring pembuat film muda, yang berkeinginan sama dengan komunitas Papuan Voices di dalam dunia video advokasi. Acara ini juga bertujuan unruk menghasilkan karya-karya film yang bakal ikutserta dalam Festival Fim Papua II yang rencananya akan diselenggarakan di kota Jayapura bulan Agustus mendatang.

Masih menurut PV, pelatihan ini dilakukan dengan sumber dana dari swadaya anggota PV Jayapura sementara dukungan untuk lokasi kegiatan diberikan oleh Jerat Papua. Sejauh ini, pelatihan telah menghasilkan 8 ide cerita yang akan diproduksi ke dalam bentuk film. Jumlah ini lebih banyak dari pelatihan produksi tahun 2017 lalu dengan hanya 5 ide cerita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.